Jumat, 11 September 2020

To be ( is / am / are )

To be merupakan salah satu materi grammar bahasa Inggris yang sangat penting untuk dipelajari. Dengan memahami penggunaan to be, maka akan mempermudah dalam membuat kalimat bahasa Inggris dengan struktur yang benar. Struktur kalimat bahasa Inggris paling sederhana adalah Subject + Verb + Object (Subjek + Predikat + Objek).

Kalimat bahasa Inggris dibagi menjadi 2 jenis yaitu kalimat verbal dan kalimat nominal. Jenis kalimat verbal menggunakan kata kerja/predikat yang bersifat operasional (melakukan suatu tindakan). Sedangkan jenis kalimat nominal tidak menggunakan kata kerja/predikat yang bersifat operasional. Karena jenis kalimat nominal tidak menggunakan kata kerja atau predikat yang bersifat operasional, maka digantikan oleh to be (is/am/are) sebagai kata kerja yang berfungsi mendeskripsikan keadaan.

 

Example :

a.     Kalimat Verbal :

1.     She reads a novel.

Subject      : she

Verb          : reads

Object        : a novel

2.     He sings a song.

Subject      : he

Verb          : sings

Object        : a song

3.     They play football.

Subject      : they

Verb          : play

Object        : football

 

b.     Kalimat Nominal :

1.     I am a student

2.     You are smart

3.     My sister is in the school.

Keterangan :

Pada 3 kalimat nominal diatas tidak ada kata kerja operasional, adanya adalah kata benda (noun), kata sifat (adjective), dan kata keterangan tempat (adverb of place), maka dari itu kalimat diatas memerlukan kata kerja bantu atau be (is/am/are) yang berfungsi mendeskripsikan keadaan.

 

 Adapun cara pengunaannya adalah sebagai berikut :

1.     Pengunaan am dengan pronoun I (saya).

2.     Pengunaan is dengan singular noun (kata benda tunggal), “my father, my car, dan dengan pronoun (kata ganti ) she, he, dan it (untuk kata ganti benda tunggal).

3.     Pengunaan are dengan plural noun (kata benda jamak – berjumlah lebih dari satu) “my parents, tsamara and tsahna dan dengan pronoun (kata ganti) we, you, dan they.

 

Untuk memperjelas pengunaan is/am/are, pelajari bagan berikut ini :

 

Singular

Plural

First person         

I    am

We    are

Second person

You (kamu)    are

You (kalian)   are

Third person

He   is

She    is

It   is

They     are