To
be merupakan salah satu materi grammar bahasa Inggris
yang sangat penting untuk dipelajari. Dengan memahami penggunaan to be, maka akan mempermudah dalam
membuat kalimat bahasa Inggris dengan struktur yang benar. Struktur kalimat
bahasa Inggris paling sederhana adalah Subject + Verb +
Object (Subjek + Predikat + Objek).
Kalimat bahasa
Inggris dibagi menjadi 2 jenis yaitu kalimat verbal dan kalimat
nominal. Jenis kalimat verbal menggunakan kata kerja/predikat yang bersifat
operasional (melakukan suatu tindakan). Sedangkan jenis kalimat nominal tidak
menggunakan kata kerja/predikat yang bersifat operasional. Karena jenis kalimat nominal
tidak menggunakan kata kerja atau predikat yang bersifat operasional, maka
digantikan oleh to be (is/am/are) sebagai kata kerja yang berfungsi
mendeskripsikan keadaan.
Example
:
a.
Kalimat Verbal :
1.
She reads a
novel.
Subject : she
Verb : reads
Object : a novel
2.
He sings a
song.
Subject : he
Verb : sings
Object : a song
3.
They play
football.
Subject : they
Verb : play
Object : football
b.
Kalimat Nominal :
1.
I am a
student
2.
You are
smart
3.
My
sister is
in the school.
Keterangan :
Pada 3
kalimat nominal diatas tidak ada kata kerja
operasional, adanya adalah kata benda (noun), kata
sifat (adjective), dan kata keterangan tempat (adverb of place), maka
dari itu kalimat diatas memerlukan kata kerja bantu atau be (is/am/are) yang
berfungsi mendeskripsikan keadaan.
Adapun cara pengunaannya adalah sebagai
berikut :
1.
Pengunaan am dengan pronoun I
(saya).
2.
Pengunaan is dengan singular noun (kata benda tunggal), “my father, my car, dan dengan pronoun
(kata ganti ) she,
he, dan it
(untuk kata ganti benda tunggal).
3.
Pengunaan are dengan plural noun (kata benda jamak – berjumlah lebih dari satu) “my parents, tsamara and tsahna dan
dengan pronoun (kata ganti) we, you, dan they.
Untuk
memperjelas pengunaan is/am/are, pelajari bagan berikut ini :
|
Singular |
Plural |
First person |
I am |
We are |
Second person |
You (kamu)
are |
You (kalian)
are |
Third person |
He is She is It is |
They are |